SD ISLAM INTEGRAL LUQMAN AL HAKIM PURWODADI
Visi
Cerdas Intelektual, Matang Emosional, dan Taat Spiritual berdasarkan nilai-nilai Islam.
Misi
1. Menyelengkarakan lembaga pendidikan dasar integral yang profesional, untuk melahirkan generasi yang bertaqwa, cerdas, mandiri, dan berwawasan global.
2. Mengutamakan keteladanan dan kasih sayang dalam proses pendidikan.
3. Mengembangkan lingkungan pendidikan yang Islamiah, ilmiah, dan alamiah.
4. Berdakwah melalui pendidikan
Standar Mutu Lulusan
Taat Spiritual
1. Memiliki Aqidah yang lurus dan kuat.
2. Menumbuhkan motivasi dan kesadaran menjalankan ibadah sholat, puasa, berdzikir, dan berdoa.
3. Terampil dan gemar membaca Al-Qur’an.
4. Mampu menghafal Juz ‘Amma dan doa sehari-hari.
5. Mampu menjadi imam sholat.
6. Berbusana sesuai syariat Islam.
Matang Emosional
1. Memiliki kepekaan dan kepedulian sosial
2. Kecak apan berkomunikasi dengan baik
3. Mampu bekerjasama dalam kelompok
4. Memiliki budaya bersih
5. Disiplin dan percaya diri
Cerdas Intelektual
1. Mencapai ketuntasan belajar semua mata pelajaran
2. Gemar membaca dan menulis
3. Mampu mengoperasikan komputer dan internet
4. Nilai rata-rata UASBN 7,5
Kurikulum SD Islam Integral
Proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Diknas dan Kurikulum Berbasis Tauhid (KBT) Pesantren Hidayatullah yang secara integral dimodifikasi sesuai dengan Visi, Misi dan target sekolah. Kurikulum tersebut di kemas dalam bentuk :
1. Struktur Program yang menitikberatkan pada Aqidah-Akhlak dan Penguasaan IPTEKS
2. Kurikulum yang diperkaya dengan pendidikan yang mengarah pada keterampilan hidup sehingga dapat memenuhi kompetensi sesuai Quality Assurance dan standar nasional pendidikan.
3. Menggunakan pendekatan Tausiyah (penyadaran), Uswah (Keteladanan), dan Qudwah (pengarahan dan bimbingan).
Prinsip dan Strategi Pembelajaran
1. Karakter dan kepribadian dibentuk di dalam dan di luar kelas melalui Integrated Learning
2. Belajar berpusat pada siswa (Student Centered), Student Active Learning, dan menekankan kemandirian siswa.
3. Learning is easy ad fun, Learn how to learn, and Continous Progres.
Sumber Daya Manusia
Dikelola oleh tenaga muda alumni PTN dan PTS serta Pesantren yang memilikidedikasi untuk memajukan pendidikan Islam yang berkualitas.
Visi
Cerdas Intelektual, Matang Emosional, dan Taat Spiritual berdasarkan nilai-nilai Islam.
Misi
1. Menyelengkarakan lembaga pendidikan dasar integral yang profesional, untuk melahirkan generasi yang bertaqwa, cerdas, mandiri, dan berwawasan global.
2. Mengutamakan keteladanan dan kasih sayang dalam proses pendidikan.
3. Mengembangkan lingkungan pendidikan yang Islamiah, ilmiah, dan alamiah.
4. Berdakwah melalui pendidikan
Standar Mutu Lulusan
Taat Spiritual
1. Memiliki Aqidah yang lurus dan kuat.
2. Menumbuhkan motivasi dan kesadaran menjalankan ibadah sholat, puasa, berdzikir, dan berdoa.
3. Terampil dan gemar membaca Al-Qur’an.
4. Mampu menghafal Juz ‘Amma dan doa sehari-hari.
5. Mampu menjadi imam sholat.
6. Berbusana sesuai syariat Islam.
Matang Emosional
1. Memiliki kepekaan dan kepedulian sosial
2. Kecak apan berkomunikasi dengan baik
3. Mampu bekerjasama dalam kelompok
4. Memiliki budaya bersih
5. Disiplin dan percaya diri
Cerdas Intelektual
1. Mencapai ketuntasan belajar semua mata pelajaran
2. Gemar membaca dan menulis
3. Mampu mengoperasikan komputer dan internet
4. Nilai rata-rata UASBN 7,5
Kurikulum SD Islam Integral
Proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Diknas dan Kurikulum Berbasis Tauhid (KBT) Pesantren Hidayatullah yang secara integral dimodifikasi sesuai dengan Visi, Misi dan target sekolah. Kurikulum tersebut di kemas dalam bentuk :
1. Struktur Program yang menitikberatkan pada Aqidah-Akhlak dan Penguasaan IPTEKS
2. Kurikulum yang diperkaya dengan pendidikan yang mengarah pada keterampilan hidup sehingga dapat memenuhi kompetensi sesuai Quality Assurance dan standar nasional pendidikan.
3. Menggunakan pendekatan Tausiyah (penyadaran), Uswah (Keteladanan), dan Qudwah (pengarahan dan bimbingan).
Prinsip dan Strategi Pembelajaran
1. Karakter dan kepribadian dibentuk di dalam dan di luar kelas melalui Integrated Learning
2. Belajar berpusat pada siswa (Student Centered), Student Active Learning, dan menekankan kemandirian siswa.
3. Learning is easy ad fun, Learn how to learn, and Continous Progres.
Sumber Daya Manusia
Dikelola oleh tenaga muda alumni PTN dan PTS serta Pesantren yang memilikidedikasi untuk memajukan pendidikan Islam yang berkualitas.