Pages

Sabtu, 30 Oktober 2010

Hati - hati dengan HP

Memakai hans-free set untuk komunikasi dalam menggunakan HP sering dilakukan sebagian orang. Alam kajian para ahli kesehatan  reproduksi, cara tersebut relative berisiko terjadi gangguan kualitas sperma. Khususnya jika HP yang aktif berada relative dekat dengan pabrik sperma di testis.
                Para suami yang sedang dalam perawatan intertilitas yang masih memerlukan menambah jumlahb anak sebaiknya menjauhkan kebiasaan terebut. HP yang dalam kondisi aktif akan mengluarkan gelombang elektromagnetik yang potensial merusak bahan genetic (DNA) di dalm sel sperma. Juga mengganggu gerak (motillty) dan mengganggu kemampuan hidup (vitality) sperma.
                Kerusakan sel sperma karena radiasi gelombang elektromagnetik akan berakibat kerusakan struktur penyangga  di dalam sperma. Selain itu, memunculkan bahan racun yang disebut radikal bebas (free radical) yang mengganggu potensi kesuburan sperma.
                Derajat gangguan sperma yang terjadi tergantung pada kualitas paparan radiasi gelombang dari HP pun bergantung kualitas sperma pada awalnya. Sperma yang dari awal kualitasnya kurang baik akan lebih mudah mengalami gangguan karena pengaruh radiasi.
                Untuk leptop, jan gan jangan menggunakannya dengan cara memangku. Selain panas yang ditimbulkan bisa mengganggu organ vital yang letaknya dalm kantong zakar tersebut, pancaran radiasinya berdampak kurang menguntungkan. Secara umum, membatasi serta menggunakan HP dan leptop secara aman perlu dilakukan.
Dikutip dari : Hudi Winarso, Androlog. ( Jawa Pos, 21 Oktober 2010)

0 komentar:

Posting Komentar