Dewasa ini banyak sekali permasalah yang dihadapi oleh para guru dalam
melakukan penilaian terhadap sikap siswa selama mengikuti pembelajaran. Itu di karenakan karena banyak para guru tidak mengetahui
bagaimana format observasi untuk mengamati dan mengukur sikap siswa dalam
pembelajaran. Masalah tersebut muncul dari keabstrak-an fenomena
sikap, yang masih berupa konsep/konstruk umum, yang sulit diamati dan diukur,
jika belum dijabarkan dan didefinisikan menjadi indikator dan deskriptor
indikator tersebut disusun dari amatan perilaku-perilaku yang ditampilkan siswa
selama mengikuti pembelajaran, yang diasumsikan sebagai cerminan sikap siswa.
Jadi dalam makalah ini akan dipaparkan tentang pengertian penilaian sikap,
manfaat penilaian sikap, komponen penilaian sikap, tingkatan penilaian sikap,
objek penilaian sikap,tehnik penilaian sikap serta contoh penilaian sikap supaya para guru atau kita sebagai
calon pendidik agar nantinya bisa melakukan observasi terhadap anak didik kita
serta melakukan penilaian dengan baik.
Download makalah lengkap di sini
0 komentar:
Posting Komentar