BELAJAR
Belajar
adalah sebuah proses yang dilakukan individu untuk memperoleh pengetahuan dan
pengalaman baru yang diwujudkan dalam bentuk perubahan tingkah laku yang
relatif permanen dan menetap disebabkan adanya interaksi individu dengan
lingkungan belajarnya.
PEMBELAJARAN
Pembelajaran
adalah suatu upaya yang dilakukan pendidik atau guru secara sengaja dengan
tujuan menyampaikan ilmu pengetahuan, dengan cara mengorganisasikan dan
menciptakan suatu sistem lingkungan belajar dengan berbagai metode, sehingga
siswa dapat melakukan kegiatan belajar secara optimal.
Peran
guru dalam proses pembelajaran:
1.
Korektor
2.
Inspirator
3.
Informator
4.
Organisator
5. Motivator
6.
Pembimbing
7.
Demonstrator
8.
Pengelola
kelasMetode pembelajaran
a.
Metode
caramah
b.
Metode
latihan
c.
Metode
diskusi dan tanya jawab
d.
Metode
karyawisata
e.
Metode
demonstrasi
f.
Metode
sosiodrama dan bermain peran
g.
Metode
pemberian tugas dan resitasi
h.
Metode
eksperimen
i. Metode proyek
TEORI
BELAJAR
Teori
belajar pada dasarnya menjelaskan tentang bagaimana proses belajar terjadi pada
seorang individu.
Klasifikasi
teori belajar:
1.
Tori
belajar behavioristik
Memandang belajar dari sudut pandang
hasil belajar yang yang terukur dan dapat diamati.
2.
Teori
belajar kognitif
Memandang belajar dari sudut pandang
proses belajar dengan berbagai komponen yang mempengaruhi dan kompleksitas prosesnya.
3.
Teori
belajar humanistik
Memandang belajar dari sudut pandang
kondisi dan potensi individu manusianya sebagai manusia yang memiliki berbagai
potensi dan perbedaan.
Teori
belajar menurut Gestalt
Adanya
pikiran yang berusaha menginterpretasikan pengalaman-pengalaman yang masuk
sebagai sebuah satu-kesatuan atau keseluruhan yang terorganisasi dengan
sifat-sifat tertentu, dan bukan sebagai suatu unit yang terpisah-pisah sehingga
dapat dipahami secara utuh pula dan lebih bermakna.
Teori
belajar menurut Albert Bandura
Albert
Bandura berpendapat pentingnya proses mengamati dan meniru perilaku dalam
proses belajar, membentuk sikap siswa, serta mempengaruhi reaksi orang lain
dalm proses belajar.
Konsep
belajar menurut Skinner
Skinner
menyatakan bahwa unsur terpenting dalam belajar adalah adanya penguatan
(reinforment), artinya adalah pengetahuan yang terbentuk sebagai hasil adanya
S-R akan semakin kuat bila individu diberi penguatan.
0 komentar:
Posting Komentar