Pages

Kamis, 17 April 2014

BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

BELAJAR
Belajar adalah sebuah proses yang dilakukan individu untuk memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru yang diwujudkan dalam bentuk perubahan tingkah laku yang relatif permanen dan menetap disebabkan adanya interaksi individu dengan lingkungan belajarnya.

PEMBELAJARAN
Pembelajaran adalah suatu upaya yang dilakukan pendidik atau guru secara sengaja dengan tujuan menyampaikan ilmu pengetahuan, dengan cara mengorganisasikan dan menciptakan suatu sistem lingkungan belajar dengan berbagai metode, sehingga siswa dapat melakukan kegiatan belajar secara optimal.

      Peran guru dalam proses pembelajaran:
1.      Korektor
2.      Inspirator
3.      Informator
4.      Organisator
5.   Motivator
6.      Pembimbing
7.      Demonstrator
      8.      Pengelola kelas

 Metode pembelajaran


a.       Metode caramah
b.      Metode latihan
c.       Metode diskusi dan tanya jawab
d.      Metode karyawisata
e.       Metode demonstrasi
f.       Metode sosiodrama dan bermain peran
g.      Metode pemberian tugas dan resitasi
h.      Metode eksperimen
      i.    Metode proyek



TEORI BELAJAR
Teori belajar pada dasarnya menjelaskan tentang bagaimana proses belajar terjadi pada seorang individu.
Klasifikasi teori belajar:
1.      Tori belajar behavioristik
Memandang belajar dari sudut pandang hasil belajar yang yang terukur dan dapat diamati.
2.      Teori belajar kognitif
Memandang belajar dari sudut pandang proses belajar dengan berbagai komponen yang mempengaruhi dan kompleksitas prosesnya.
3.      Teori belajar humanistik
Memandang belajar dari sudut pandang kondisi dan potensi individu manusianya sebagai manusia yang memiliki berbagai potensi dan perbedaan.

Teori belajar menurut Gestalt
Adanya pikiran yang berusaha menginterpretasikan pengalaman-pengalaman yang masuk sebagai sebuah satu-kesatuan atau keseluruhan yang terorganisasi dengan sifat-sifat tertentu, dan bukan sebagai suatu unit yang terpisah-pisah sehingga dapat dipahami secara utuh pula dan lebih bermakna.

Teori belajar menurut Albert Bandura
Albert Bandura berpendapat pentingnya proses mengamati dan meniru perilaku dalam proses belajar, membentuk sikap siswa, serta mempengaruhi reaksi orang lain dalm proses belajar.

Konsep belajar menurut Skinner
Skinner menyatakan bahwa unsur terpenting dalam belajar adalah adanya penguatan (reinforment), artinya adalah pengetahuan yang terbentuk sebagai hasil adanya S-R akan semakin kuat bila individu diberi penguatan.
 


Sumber:
Irham, Muhammad & Novan Ardy Wiyani. 2013. Psikologi Pendidikan : Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.












 



0 komentar:

Posting Komentar