Pages

Kamis, 10 Maret 2011

Cabe dan Brokoli Cegah Kanker

MAKAN sayuran memang menyegarkan. Bahkan, brokoli dan cabe merah kemungkinan bisa membantu melawan kanker dengan cara memperlambat pertumbuhan sel kanker. Hal tersebut dilaporkan oleh para peneliti dari dari Amerika Serikat.

Menurut tim the University of Pittsburg, kedua bahan tersebut secara khusus bisa membantu terapi kanker pankreas dan kanker ovarium. "Pada penelitian itu, kami memutuskan untuk mengamati dua jenis kanker tersebut, yaitu kanker ovarium dan kanker pankreas, "ujar Sanjay Srivataava, pimpinan dari penelitian tersebut. Alasannya, kedua jenis kanker tersebut mempunyai angka harapan hidup yang rendah. " Kami menemukan, cabe merah dan brokoli secara efektif menghambat proses perkembangan kamker," paparnya.
Berbicara di salah satu pertemuan the American Association for cancer Research di Anahein, California. Srivastaava mengatakan, kalauia dan rekan-rekannya melakukan pengujian pada capsaicin, suatu bahan yang membuat rasa pedas. Bahan tersebut diujicobakan untuk melawan sel kanker pankreas. Komponen tersebut menyebabkan sel kanker mwngalami pengrusakan selnya sendiri (apoptosis). Yang lebih menguntungkan, bahan ini tidak mempengaruhi sel pankreas yang normal.

"Hasil ini menunjukan, capsaicin adalah agen antikanker yang potensial, menginduksi terjadinya apoptosis pada sel kanker dan tidak menyebabkan kerusakan sel pankreas yang normal. Ini menunjukan, bahan tersebut potensial sebagai bahan kemoterapi untuk kanker pankreas" ujar Srivastaava.

Timnya juga memeriksa phenethyl isothiocyante (PEITC), suatu bahan yang terkandung pada brokoli. Bahan tersebut diujicobakan pada sek kanker ovarium. PEITC mempengaruhi protein epidermal growth factor receptor yang terlibat pada pertumbuhan kanker ovarium serta jenis kanker lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar