Pages

Sabtu, 12 Maret 2011

Khasiat Jeruk

Dalam sebuah Hadits Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Permisalan seorang mukmin yang membaca al-Qur`an ialah seperti buah jeruk, rasanya manis dan aromanya harum” (Riwayat Bukhari dan Muslim)
Menurut Adim Abadi, buah jeruk selain rasanya manis, aromanya harum dan warnannya bagus juga memiliki banyak manfaat atau khasiat. (Aunul Makbud, Juz 13, hal 122)
Di antara khasiat buah ini bila diletakkan pada pakaian dapat mencegah ngengat (sejenis serangga). Aromanya bisa menetralisir udara kotor. Apabila ditahan di mulut bisa mengharumkan atau mengurangi bau mulut tak sedap, serta membantu proses pencernaan jika digunakan dalam campuran makanan. Ibnu Sina dalam kitab al-Qanun menulis, “Perasan kulitnya dapat digunakan sebagai pembalut luka, abu dari kulitnya merupakan penggosok yang baik terhadap lepra.”
Adapun daging buahnya bermanfaat untuk mengurangi panas perut. Juga bermanfaat bagi penderita penyakit empedu. Al Ghafiqi menuturkan, “Memakan dagingnya bermanfaat terhadap wasir (sembelit).”
Sedangkan mengenai manfaat bijinya, Ibnu Marwaih mengatakan, “Khasiat bijinya bermanfaat terhadap bisa (racun) yang mematikan, dengan cara meredam biji tersebut dalam air hangat. Kemudian air redaman biji tadi diminum seukuran dua mitsqal (dua timbangan) masing-masing seberat kira-kira dua puluh lima gram. Juga akan sangat bermanfaat apabila biji tersebut dilumat dan diletakkan pada bagian tubuh yang terkena sengatan.”
Sebagain dokter Arab mengatakan, “Khasiat biji jeruk bermanfaat terhadap sengatan kalajengking, dengan cara meminum dua mitsqal air rendaman biji yang diperoleh dengan merendam biji tadi dalam air hangat. Juga bermanfaat jika ia dilumatkan dan diletakkan pada tempat sengatan.”
Sedangkan lainnya mengatakan, “Bijinya bermanfaat terhadap segala yang terkena racun dan segala sengatan beragam jenis serangga.”
Jeruk sangat baik dikonsumsi oleh kaum wanita karena kandungan lycopene yang ada di dalamnya dapat mencegah penyakit kanker payudara. Bagi ibu hamil, ia dapat mengurangi resiko bayi lahir cacat. Selain itu juga dapat memperbaiki jaringan sel-sel kulit yang sudah mati, sehingga bagus untuk kulit.
Jeruk juga baik untuk anak-anak karena mengandung flavonoids yang dapat menjadi sel imun dan antibodi yang berguna untuk kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang flu dan pilek. Ia juga sebagai asupan vitamin bagi anak-anak. Sedang jeruk instan baik berupa kemasan kotak atau sachet, tidak baik untuk anak karena mengandung bahan pewarna dan pengawet, yang bila terlalu sering dikonsumsi dalam jangka panjang akan menimbulkan sel kanker.
Karena manfaatnya yang demikian banyak, maka pantaslah jika jeruk dijadikan permisalan bagi eksistensi seorang mukmin yang gemar membaca al-Qur`an.* Bahrul Ulum/Suara Hidayatullah, NOPEMBER 2010

0 komentar:

Posting Komentar