Pages

Jumat, 30 November 2012

Jaring-jaring makanan

Jaring-jaring makanan tidak bisa lepas dari unsur rantai makanan. Dari beberapa rantai makanan akan terbentuk yang namanya jaring-jaring makanan. Rantai makanan sendiri ada beberapa unsur:
  • Produsen
Produsen adalah makhluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri melalui fotosintesis. Contoh dari produsen adalah tumbuhan.
  • Konsumen I
 Konsumen I adalah hewan pemakan produsen atau hewan pemakan tumbuhan atau sering disebut Herbivora. Contoh dari konsumen I adalah kelinci, kupu-kupu, belalang, kambing, kuda, rusa, jerapah, ulat... dll.
  • Konsumen II
Konsumen II adalah hewan pemakan konsumen I atau hewan pemakan daging atau sering disebut karnivora. Contoh dari konsumen II adalah katak, burung pemakan serangga, tikus, ayam, dan hewan pemakan daging lainnya.
  • Konsumen III
Konsumen III adalah hewan pemakan konsumen II, masih sama, hewan kelompok ini sebagian besar karnivora. Ada juga dari golongan omnivora.
  • Pengurai 
Pengurai adalah bagian terpenting dari daur atau alur kehidupan rantai makanan. Pengurai bertugas atau berfungsi menguraikan makhluk hidup yang mati (dekomposser). Bisa dibayangkan kalo dunia ini tidak ada pengurai, dunia ini akan penuh bangkai. Contoh dari pengurai adalah serangga kecil (semut,rayap dll), bakteri, cacing, jamur.

Itulah komponen dari rantai makanan. Kumpulan dari beberapa rantai makanan akan membentuk jaring-jaring makanan.
wallahu a'lam.

0 komentar:

Posting Komentar