1.
PENDAHULUAN
Salah satu upaya dalam
meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar sebagai bagian dari peningkatan
kualitas pendidikan dapat dilakukan melalui sistem penilaian. Seperti yang
sudah di ketahui oleh semua khalayak guru bahwa penilaian yang umum dan wajib di
ketahui dan dipahami oleh para pendidik adalah penilaian dari segi kognitif,
afektif dan psikomotor. Ketiga penilaian ini dilakukan dengan berbagai macam
teknik.
Penilaian kinerja siswa
merupakan salah satu alternatif penilaian yang difokuskan pada dua aktivitas
pokok, yaitu: Observasi proses saat berlangsungnya unjuk keterampilan dan
evaluasi hasil cipta atau produk. Penilaian bentuk ini dilakukan dengan
mengamati saat siswa melakukan aktivitas di kelas atau menciptakan suatu hasil
karya sesuai dengan tujuan pembelajarannya. Kecakapan yang ditampilkan siswa
adalah variabel yang dinilai. Penilaian terhadap kecakapan siswa didasarkan
pada perbandingan antara kinerja siswa dengan target yang telah ditetapkan.
Proses penilaiannya dilakukan mulai persiapan, melaksanakan tugas sampai
den-gan hasil akhir yang dicapainya. Oleh karena itu penilaian dengan tertulis
dan lisan saja tidak dapatt mewakili secara keseluruhan segala penilaian yang
di inginkan apalagi dengan materi pembahsan yang menuntut siswa agar dapat
memecahkan masalah dan menenukan sikap, bekerja sama dengan teman sekelompoknya
dan lain-laiannya.
Maka penilaian kinerja
akan menjawab semua pertanyaan yang belum bisa terjawab pada penilaian secara
lisan dan tulisan, bertitik tolak dalam hal tersebut maka penulis dalam tulisan
ini menguak lebih mendalam mengenai penilaian kinerja, mulai dari
pengertiannya, teknik penilaiannya, kelebihan dan kekurangannya, komponen
penilaiannya dan tujuan penilaiannya langkah –langkah pelaksanaanya hingga pada
penerapannya .
Download lengkap makalah di sini
0 komentar:
Posting Komentar