Dalam
kegiatan pembelajaran tidak jarang dijumpai adanya peserta didik yang lebih
cepat dalam mencapai standar kompetensi, kompetensi dasar dan penguasaan materi
pelajaran yang telah ditentukan. Peserta didik kelompok ini tidak mengalami
kesulitan dalam memahami materi pembelajaran maupun mengerjakan tugas-tugas
atau latihan dan menyelesaikan soal-soal ulangan sebagai indikator penguasaan
kompetensi. Peserta didik yang telah mencapai kompetensi lebih cepat dari
peserta didik lain dapat mengembangkan dan memperdalam kecakapannya secara
optimal melalui pembelajaran pengayaan. Untuk
keperluan pemberian pembelajaran pengayaan perlu dipilih strategi dan
langkah-langkah yang tepat setelah terlebih dahulu dilakukan identifikasi
terhadap potensi lebih yang dimiliki peserta didik.
Sehubungan
dengan hal-hal tersebut, sekolah perlu menyusun rencana sistematis pemberian
pembelajaran pengayaan untuk membantu perkembangan potensi peserta didik secara
optimal.
Download lengkap makalah di sini
0 komentar:
Posting Komentar