Pages

Selasa, 10 Desember 2013

Makalah Desain Remidial


Proses Pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang integral antara siswa sebagai pelajar dan guru sebagai pengajar. Dalam kegiatan ini, terjadi interaksi reciprocal, yaitu hubungan antara guru dengan para siswa dalam situasi pembelajaran.
Para siswa dalam situasi pembelajaran ini menjadi tahapan kegiatan belajar melalui interaksi dengan kegiatan dan tahapan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Namun dalam tahap pembelajaran ini tentu banyak faktor yang harus diperhatikan, baik oleh guru maupun siswa. Salah satunya adalah program perbaikan (Remedial). Seyogyanya kegiatan remedial ini merupakan suatu bentuk kegiatan yang sudah  disusun secara sistematis sedemikian rupa sehingga berimplikasi pada kenyataan bahwa kegiatan ini bukan semata-mata merupakan inisiatif guru pada saat-saat  tertentu, pada saat  mereka menemui kesulitan belajar yang dialami oleh para siswa.
       Oleh karena itu, dalam melakukan diagnosis kesulitan belajar yang dialami oleh siswa, maka setidaknya ada tiga langkah umum yang harus ditempuh oleh seorang  guru, yaitu :
  1. Mendiagnosis kesulitan belajar yang dialami para siswa, yaitu dengan cara mengidentifikasi kasus dan melokalisasi jenis dan sifat kesulitan belajar tersebut  
  2. Melakukan estimasi (Prognosis) tentang faktor-faktor penyebab kesulitan belajar yang dialami siswa.
  3. Melakukan Terapi, yaitu menemukan berbagai kemungkinan yang dapat dipergunakan dalam rangka penyembuhan atau mengatasi kesulitan belajar yang dialami para siswa  tersebut.
 Download lengkap makalah di sini


0 komentar:

Posting Komentar