Pages

Senin, 10 Oktober 2011

Mereka Dikatakan To'at

Oleh : Ustadz Malik Setoyan

Menurut ahli Tasowuf, orang bisa dikatan to'at apabila sudah memenuhi tiga hal. Kalo belum memenuhi tiga hal berikut ini, orang itu belum bisa dikatakan to'at kepada Allah.
Yaitu : 

1. Khouf ( Takut )
Hanya takut pada Allah dengan cara menjahui yang haram, dan melaksanakan apa yang diperintah Allah. Takut pada perkara yang subkhat (samar-samar). Beliau mencontohkan sifat Imam Syafi'i yang hati-hati. tatkala belia menemukan sebiji buah yang ikut aliran sungai, Beliau merasa bersalah telah memakan buah yang beliau ketemukan di sungai tadi. Maka beliaupun mencari si empunya pohon yang buahnya beliau makn, guna mencari keikhlasan, keridhaan empunya memberikan buahnya kepada Imam Syafi'i.

2. Rojak ( Mengharap Ridho Allah )
Semua amal perbuatan ta' ada tujuan lain, selain mengharap Ridho Allah. Dalam   belajar, menuntut ilmu, bekerja beribadah semua karena Allah. Kalau semua amal ibadah kita diniati mencari ridho Allah, insyaAllah akan berkah.


3. Al Hub ( Cinta pada Allah )
Allah yang paling dicinta, bila tak ketemu merasa rindu berat, bila bertemu ingin berlama-lama, kalo sudah berlama-lama enggan untuk berpisah. Itulah Cinta sejati. Hamba dengan Sang Kholiq.

0 komentar:

Posting Komentar